Selasa, 18 Agustus 2020

Dinamika penduduk (7A dan 7B)

 Materi : dinamika penduduk di indonesia

Kelas : 7 A dan B.

Hari/Tanggal : Rabu 19 Agustus 2020.

Asslmualaikum. Silahkan anak2 bpk yg sholeh dan sholehah beri komentar di blog bpk ini lalu materinya di rangkum dan dikirim ke wa bpk.

*. Pertumbuhan penduduk.

Pertumbuhan penduduk sangat banyak, yaitu nomor empat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Akibat pertumbuhan penduduk yang cepat antara lain sebagai berikut.

a. Pertumbuhan penduduk usia muda yang cepat menyebabkan tingginya angka pengangguran.
b. Persebaran penduduk tidak merata.
c. Komposisi penduduk kurang menguntungkan karena banyaknya penduduk usia muda yang belum produktif sehingga beban ketergantungan tinggi.
d. Arus urbanisasi tinggi, sebab kota lebih banyak menyediakan lapangan kerja.
e. Menurunnya kualitas dan tingkat kesejahteraan penduduk.

Masalah kependudukan Indonesia dalam hal kualitas adalah masalah dalam kemampuan sumber daya manusianya. Di Indonesia, masalah kualitas penduduk yang terjadi dipengaruhi oleh masih rendahnya tingkat pendidikan, rendahnya tingkat kesejahteraan yang kemudian dapat berpengaruh pada pendapatan per kapita masyarakat tersebut. Rendahnya pendapatan perkapita dapat menyebabkan orang tua tidak mampu menyekolahkan anaknya, sehingga banyak anak yang putus sekolah atau berhenti sekolah sebelum tamat.


Kemiskinan dapat mengakibatkan rendahnya tingkat pendidikan

Pemerintah Indonesia telah berusaha keras untuk meningkatkan mutu pendidikan penduduk melalui berbagai program pemerintah di bidang pendidikan, seperti program beasiswa, adanya bantuan operasional sekolah (BOS), program wajib belajar, dan sebagainya. Walaupun demikian, karena banyaknya hambatan yang dialami, maka hingga saat ini tingkat pendidikan bangsa Indonesia masih tergolong rendah. Selain itu, tingkat kesehatan juga merupakan salah satu penentu dari kualitas penduduk. Tingkat kesehatan penduduk merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan pembangunan. Tingkat kesehatan suatu negara dapat dilihat dari besarnya angka kematian bayi dan usia harapan hidup penduduknya. Hal ini terlihat dari tingginya angka kematian bayi dan angka harapan hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju.


Tingkat kesehatan yang rendah mengakibatkan tingginya angka kematian ibu dan bayi

Mata pencaharian merupakan salah satu dari beberapa tolok ukur kualitas penduduk. Akibat pertambahan penduduk yang tinggi, maka jumlah angkatan kerja tidak seharusnya terserap. Bahkan semakin ketatnya persaingan tenaga kerja, maka angkatan kerja muda yang merupakan tenaga kerja kurang produktif pun ikut bersaing. Hal ini kurang menguntungkan usaha pembangunan secara nasional karena golongan muda kurang produktif tersebut merupakan beban. Masalah tenaga kerja dan kesempatan kerja merupakan masalah yang harus ditangani secara serius karena sangat peka terhadap ketahanan nasional. Mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani, berbeda dengan di negara maju yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya berada di sektor Industri.

11 komentar:

  1. Assalamualaikum pak
    Mama:nurhikmah sahputri harahap
    Kelas:7b

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum saya fayyaza wijaya dari kelas 7b

    BalasHapus
  3. Asalamualaikum saya azahra kesya amalli kelas 7B TERIMAKASIH

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum saya jessy mahrani puspita sari dari kelas 7b

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum pak saya Afien Muhammad Abdallah kelas 7B

    BalasHapus
  6. asalammualaikum pak saya muhammad fatih rizky peratama kls7b

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum pak saya muhammad ferly kelas 7B

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama : maulana raul akthar
    Kelas 7A
    Hadir

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama saya Muhammad Yusuf Isa
    Kelas 7B

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama:al-baaqiy Raihan zakya
    Kelas:7a
    Keterangan:hadir

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum saya dheka putra pratama wandiza kelas 7 b

    BalasHapus