Senin, 17 Agustus 2020

Kls 7C.

Materi : komposisi penduduk

Kelas :7C

Hari/tanggal: Selasa,18  agustus 2020.

Silahkan di catat, lalu dikirim ke wa bapak.

Selamat mengerjakan.

Macam-macam komposisi penduduk.

a. Komposisi Penduduk Berdasarkan Usia

Komposisi penduduk berdasarkan usia/umur dapat dibuat dalam bentuk usia tunggal, seperti 0, 1, 2, 3, 4, sampai 60 tahun atau lebih. Komposisi penduduk dapat juga dibuat berdasarkan interval usia tertentu, seperti 0–5 tahun (usia balita), 6–12 tahun (usia SD), 13–15 tahun (usia SMP), tahun 16–18 (usia SMA), 19–24 tahun (usia Perguruan Tinggi), 25–60 tahun (usia dewasa), dan >60 tahun (usia lanjut). Selain itu, komposisi penduduk juga dapat dibuat berdasarkan usia produktif dan usia nonproduktif, misalnya: usia 0–14 (usia belum produktif), 15–64 (usia produktif), dan usia >65 (tidak produktif).

Permasalahan dalam komposisi penduduk lainnya adalah apabila jumlah penduduk dengan usia di bawah 15 tahun dan usia di atas 65 tahun jumlahnya lebih besar dibandingkan usia produktif (15-65 th). Hal tersebut dapat menyebabkan penduduk usia produktif menanggung hidup seluruh penduduk usia nonproduktif. Sebaliknya, jika semakin kecil angka ketergantungan, akan semakin kecil beban dalam menopang kehidupan penduduk usia nonproduktif.

b. Komposisi Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin
Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin juga penting untuk diketahui, karena dapat digunakan dalam menghitung angka perbandingan jenis kelamin (sex ratio). Perbandingan tersebut dapat digunakan untuk memperkirakan bentuk pemberdayaan penduduk sebagai sumber daya manusia sesuai dengan karakteristiknya. Misalnya, berkenaan dengan pekerjaan, tanggung jawab, serta bentuk pengembangan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan potensi dan kemampuan penduduk.

Pada zaman dahulu, kaum laki-laki lebih dominan untuk berusaha (bekerja) dan mempertahankan diri. Pada saat itu, teknologi masih sangat sederhana sehingga hanya penduduk yang memiliki  tenaga dan kemampuan fisik yang kuat yang dapat bertahan hidup. Akan tetapi, setelah teknologi berkembang dengan cepat dan modern, sesuai pula dengan prinsip emansipasi wanita, ternyata hampir semua jenis pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh kaum laki-laki juga dapat dikerjakan oleh kaum perempuan.

Piramida Penduduk (Grafik yang menggambarkan komposisi umur dan jenis kelamin)


4. Pertumbuhan dan Kualitas Penduduk
Pertumbuhan penduduk adalah keseimbangan dinamis antara kekuatan yang menambah dan kekuatan yang mengurangi jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, yakni kelahiran, kematian, dan migrasi. Kelahiran dan kematian disebut faktor alami, sedangkan migrasi disebut faktor nonalami. Kelahiran bersifat menambah, sedangkan kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk. Migrasi yang bersifat menambah disebut migrasi masuk (imigrasi), sedangkan migrasi yang bersifat mengurangi disebut migrasi keluar (emigrasi).

Tingkat pertumbuhan penduduk di negara kita termasuk kategori sedang. Pada periode 2010-2014, angka pertumbuhannya mencapai 1,40 % per tahun. Untuk menurunkan tingkat pertumbuhan yang tinggi ini, pemerintah Indonesia melaksanakan program Keluarga Berencana. Dengan program Keluarga Berencana, penduduk Indonesia telah mengalami penurunan dari yang awalnya 2,31, % pada periode 1971-1980 menjadi 1,49 persen pada periode 1990-2000.

Struktur penduduk Indonesia lebih banyak pada penduduk usia muda, hal ini sebagai akibat dari masih tingginya tingkat kelahiran. Persentase penduduk 0 - 14 tahun pada tahun 1980 mencapai 40,3 persen dan pada tahun 1985 sedikit turun menjadi 39,2 persen. Penduduk usia muda ini pada tahun 2000 diperkirakan turun lagi menjadi 37,7 persen dan 34,2 persen.

9 komentar:

  1. Assalamualaikum nama saya M.Arkhan CF
    Kelas 7C
    Keterangan Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum saya Maureen Qanita Setiawan 7c

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum bu nama saya Fachri Al Puraka dari kelas 7C keterangan hadir ya pak

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama saya were fadhil a
    Kelas 7C
    Hadir

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Azarine Elfrida Shakila
    Kelas : 7C
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih atas materi dan tugasnya sudah saya kerjakan.
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Azarine Elvina Alesha
    Kelas : 7C
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih atas materi dan tugasnya sudah saya kerjakan.
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Khalista Sheila Lathifah.
    Dari kelas 7 C.
    Baik pak,saya akan merangkumnya di buku catatan.
    Terimakasih pak🙏🏻.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum pak
    Nama saya Gescha Rifki Jeynabil
    Kelas 7C
    Keterangan Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr.wb.
    nama :Kayla Assyfa Listhon
    Kelas: 7C
    Keterangan Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus